Kamis, 09 Februari 2012

Termoregulasi dan Hipertermi

Skenario 1 Tutorial Blok 4 chapter II
Tentang Termoregulasi dan Hipertermi
Author : [R]adit dan [V]elli

Termoregulasi manusia berpusat pada hypothalamus anterior terdapat tiga komponen pengatur atau penyusun sistem pengaturan panas, yaitu termoreseptor, hypothalamus, dan saraf eferen serta termoregulasi (Swenson, 1997). Pengaruh suhu pada lingkungan, hewan dibagi menjadi dua golongan, yaitu poikiloterm dan homoiterm. Poikiloterm suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Suhu tubuh bagian dalam lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh luar. Hewan seperti ini juga disebut hewan berdarah dingin. Dan hewan homoiterm sering disebut hewan berdarah panas (Duke’s, 1985).

Pada hewan homoiterm suhunya lebih stabil, hal ini dikarenakan adanya reseptor dalam otaknya sehingga dapat mengatur suhu tubuh. Hewan homoiterm dapat melakukan aktifitas pada suhu lingkungan yang berbeda akibat dari kemampuan mengatur suhu tubuh. Hewan homoiterm mempunyai variasi temperatur normal yang dipengaruhi oleh faktor umur, faktor kelamin, faktor lingkungan, faktor panjang waktu siang dan malam, faktor makanan yang dikonsumsi dan faktor jenuh pencernaan air (Swenson, 1997).

Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat menjaga suhu tubuhnya, pada suhu-suhu tertentu yang konstan biasanya lebih tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya. Sebagian panas hilang melalui proses radiasi, berkeringat yang menyejukkan badan. Melalui evaporasi berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap konstan. Contoh hewan berdarah panas adalah bangsa burung dan mamalia, hewan yang berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya kira-kira sama dengan suhu lingkungan sekitarnya (Guyton, 1987).

Suhu tubuh tergantung pada neraca keseimbangan antara panas yang diproduksi atau diabsorbsi dengan panas yang hilang. Panas yang hilang dapat berlangsung secara radiasi, konveksi, konduksi dan evaporasi. Radiasi adalah transfer energi secara elektromagnetik, tidak memerlukan medium untuk merambat dengan kecepatan cahaya. Konduksi merupakan transfer panas secara langsung antara dua materi padat yang berhubungan lansung tanpa ada transfer panas molekul. Panas menjalar dari yang suhunya tinggi kebagian yang memiliki suhu yang lebih rendah. Konveksi adalah suatu perambatan panas melalui aliran cairan atau gas. Besarnya konveksi tergantung pada luas kontak dan perbedaan suhu. Evaporasi merupakan konveksi dari zat cair menjadi uap air, besarnya laju konveksi kehilangan panas karena evaporasi (Martini, 1998).


        I.            Pengertian Termoregulasi
Termoregulasi adalah Suatu pengaturan fisiologis tubuh manusia mengenai keseimbangan produksi panas dan kehilangan panas sehingga suhu tubuh dapat dipertahankan secara konstan.
Keseimbangan suhu tubuh diregulasi oleh mekanisme fisiologis dan prilaku. Agar suhu tubuh tetap konstan dan berada dalam batasan normal, hubungan antara prodksi panas dan pengeluaran panas harus dipertahankan. Hubungan diregulasi melalui mekanisme neurologis dan kardiovaskular. Perawat menerapkan pengetahuan mekanisme kontrol suhu untuk meningkatkan regulasi suhu.
Hipotalamus yang terletak antara hemisfer serebral, mengontror suhu tubuh sebagaimana kerja termostat dalam rumah. Hipotalamus merasakan perubahan ringan pada suhu tubuh. Hipotalamus anterior mengontror pengeluaran panas, dan hipotalamus posterior mengontror produksi panas.

      II.            Faktor-faktor yang mempengaruhi termoregulasi
Banyak faktor yang mempengaruhi suhu tubuh. Perubahan pada suhu tubuh dalam rentang normal terjadi ketika hubungan antara produksi panas dan kehilangan panas diganggu oleh variabel fisiologis atau prilaku. Berikut adalah faktor yang mempengarui suhu tubuh :

a)      Usia
Pada saat lahir, bayi meninggalkan lingkungan yang hangat, yang relatif konstan, masuk dalam lingkungan yang suhunya berfluktuasi dengan cepat.suhu tubuh bayi dapat berespon secara drastis terhadap perubahan suhu lingkungan. Bayi baru lahir mengeluaran lebih dari 30% panas tubuhnya melalui kepala oleh karena itu perlu menggunakan penutup kepala untuk mencegah pengeluaran panas. Bila terlindung dari ingkungan yang ektrem, suhu tubuh bayi dipertahankan pada 35,5 ºC sampai 39,5ºC. Produksi panas akan meningkat seiring dengan pertumbuhan bayi memasuki anak-anak. Perbedaan secara individu 0,25ºC sampai 0,55 ºC adalah normal (Whaley and Wong, 1995).
Regulasi suhu tidak stabil sampai pubertas. Rentang suhu normal turun secara berangsur sanpai seseorang mendekati masa lansia. Lansia mempunyai rentang suhu tubuh lebih sempit daripada dewasa awal. Suhu oral 35 ºC tidak lazim pada lansia dalam cuaca dingin. Nmun rentang shu tubuh pada lansia sekitar 36 ºC. Lansia terutama sensitif terhadap suhu yang ektrem karena kemunduran mekanisme kontrol, terutama pada kontrol vasomotor ( kontrol vasokonstriksi dan vasodilatasi), penurunan jumlah jaringan subkutan, penurunan aktivitas kelenjr keringat dan penurunan metabolisme.

b)     Olahraga
Aktivitas otot memerlukan peningkatan suplai darah dalam pemecahan karbohidrat dan lemak. Hal ini menyebabkan peningkatan metabolisme dan produksi panas. Segala jenis olahraga dapat meningkatkan produksi panas akibatnya meningkatkan suhu tubuh. Olahraga berat yang lama, seperti lari jaak jauh, dapat meningatkan suhu tubuh untuk sementara sampai 41 ºC.

c)      Kadar hormon
Secara umum, wanita mengalami fluktuasi suhu tubuh yang lebih besar dibandingkan pria. Variasi hormonal selama siklus menstruasi menyebabkan fluktuasi suhu tubuh. Kadarprogesteron meningkat dan menurun secara bertahap selama siklus menstruasi. Bila kadar progesteron rendah, suhu tubuh beberapa derajat dibawah kadar batas. Suhu tubuh yang rendah berlangsung sampai terjadi ovulasi. Perubahan suhu juga terjadi pada wanita menopause. Wanita yang sudah berhenti mentruasi dapat mengalami periode panas tubuh dan berkeringat banyak, 30 detik sampai 5 menit. Hal tersebut karena kontrol vasomotor yang tidak stabil dalam melakukan vasodilatasi dan vasokontriksi (Bobak, 1993)

d)     Irama sirkadian
Suhu tubuh berubah secara normal 0,5 ºC sampai 1 ºC selama periode 24 jam. Bagaimanapun, suhumerupakan irama stabil pada manusia. Suhu tubuh paling rendah biasanya antara pukul 1:00 dan 4:00 dini hari. Sepanjang hari suhu tubuh naik, sampai seitar pukul 18:00 dan kemudian turun seperti pada dini hari. Penting diketahui, pola suhu tidak secara otomatis pada orang yang bekerja pada malam hari dan tidur di siang hari. Perlu waktu 1-3 minggu untuk perputaran itu berubah. Secara umum, irama suhu sirkadian tidak berubah sesuai usia. Penelitian menunjukkan, puncak suhu tubuh adalah dini hari pada lansia (lenz,1984)

e)      Stres
Stres fisik dan emosi meningkatkan suhu tubuh melalui stimulasi hormonal dan persarafan. Perubahan fisiologi tersebut meningkatkan panas. Klien yang cemas saat masuk rumah sakit atau tempat praktik dokter, suhu tubuhnya dapat lebih tinggi dari normal

f)       Lingkungan
Lingkungan mempengaruhi suhu tubuh. Jika suhu dikaji dalam ruangan yang sangat hangat, klien mungkin tidak mampu meregulasi suhu tubuh melalui mekanisme pengluaran-panas dan suhu tubuh akan naik. Jika kien berada di lingkungan tanpa baju hangat, suhu tubh mungkin rendah karena penyebaran yang efektif dan pengeluaran panas yang konduktif. Bayi dan lansia paling sering dipengaruhi oleh suhu lingkungan karena mekaisme suhu mereka kurang efisien.

    III.            Perubahan suhu
Perubahan suhu tubuh di luar rentang normal mempengaruhi set point hipotalamus. Perubahan ini dapat berhubungan dengan produksi panas yang berlebihan, pengeluaran panas yang berlebihan, produksi panas minimal. Pengeluaran panas minimal atau setiap gabungan dari perubahan tersebut. Sifat perubahan tersebut mempengauhi masalah klinis yang dialami klien.

a)      Demam
Demam atau hiperpireksia terjadi karena mekanisme pengeluara panas tidak mampu untuk mempertahankan kecepatan pengeluaran kelebihan produksi panas, yang mengakibatkan peningkatan suhu tubuh abnormal. Tingkat ketika demam mengancamkesehatan seringkali merupkan sumber yang diperdebatkan di antara pemberi perawatan kesehatan. Demam biasanya tidak berbahaya jika berada pada suhu dibawah 39 ºC. Pembacaan suhu tunggal mungkin tidak menandakan demam. Davis dan lentz (1989) merekomendasikan untuk menentukan demam berdasarkan beberapa pembacaan suhu dalam waktu yang berbeda  pada satu hari dibandingkan dengan suhu normal tersebut pada waktu yang sama, di samping terhadap tanda vital dan gejala infeksi. Demam sebenarnya merupakan akibat dari perubahan set point hipotalamus.

b)     Kelelahan akibat panas
Kelelehan akibat panas terjadi bila diaforesis yang banyak mengakibatkan kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebih. Disebabkan oleh lingkungan yang terpajan panas. Tanda dan gejala kurang volume cairan adalah hal yang umum selama kelelehan akibat panas. Tindakan pertama yaitu memindahkan klien ke lingkungan yg lebih dingin serta memperbaiki keseimbangan cairan dan elektrolit.

c)      Hipertermia
Peningkatan suhu tubuh sehubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk meningkatkan pengeluaran panas atau menurunkan produksi panas adalah hipertermia. Setiap penyakit atautrauma pada hipotalamus dapat mempengaruhi mekanisme pengeluaran panas. Hipertermia malignan adalah kondisi bawaan tidak dapat mengontrol produksi panas, yang terjadi ketika orang yang rentan menggunakan obat-obatan anestetik tertentu.

d)     Heatstroke
Pajanan yang lama terhadap sinar matahari atau lingkungan dengan suhu tinggi dapat mempengaruhi mekanisme pengeluaran panas. Kondisi ini disebut heatstroke, kedaruratan yang berbahaya panas dengan angka mortalitas yg tinggi. Klien berisiko termasuk yang masih sangat muda atau sangat tua, yang memiliki penyakit kardiovaskular, hipotiroidisme, diabetes atau alkoholik. Yang juga termasuk beresiko adalah orang yang mengkonsumsi obat yang menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan panas (mis. Fenotiasin, antikolinergik, diuretik, amfetamin, dan antagonis reseptor beta- adrenergik) dan mereka yang menjalani latihan olahraga atau kerja yang berat (mis. Atlet, pekerja kontruksi dan petani). Tanda dan gejala heatstroke termasuk gamang, konfusi, delirium, sangat haus, mual, kram otot, gangguan visual, dan bahkan inkotinensia. Tanda yang paling dari heatstroke adalah kulit yang hangat dan kering.
Penderita heatstroke tidak berkeringat karena kehilangn elektrolit sangat berat dan malfungsi hipotalamus. Heatstroke dengan suhu lebih besar dari 40,5 ºC mengakibatkan kerusakan jaringan pada sel dari semua organ tubuh. Tanda vital menyatakan suhu tubuh kadang-kadang setinggi 45 ºC, takikardia dan hipotensi. Otak mungkin merupakan organ yang terlebih dahulu terkena karena sensitivitasnyaterhdap ketidakseimbangan elektrolit. Jika kondisi terus berlanjut, klien menjadi tidak sadar, pupil tidak reaktif. Terjadi kerusakan nourologis yang permanen kecuali jika tindakan pendinginan segera dimulai.

e)      Hipotermia
Pengeluaran panas akibat paparan terus-menerus terhadap dingin mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi panas, mengakibatkan hipotermia. Hipotermia diklasifikasikan melalui pengukuran suhu inti. Hal tersebut dapat terjadi kebetulan atau tidak sengaja selama prosedur bedah untuk mengurangi kebutuhan metabolik dan kebutuhan tubuh terhada oksigen.
Hipotermia aksidental biasanya terjadi secara berangsur dan tidak diketahui selama beberapa jam. Ketika suhu tubuh turun menjadi 35 ºC, klien menglami gemetar yang tidak terkontrol, hilang ingatan, depresi, dan tidak mampu menila. Jika suhu tubuh turun di bawah 34,4 ºC, frekuensi jantung, pernafasan, dan tekanan darah turun. kulit menjadi sianotik.

Penyakit hipertermia digolongkan dalam 3 kategori: heat cramps, heat exhaustion, dan heat stroke.

A.      Heat cramps merupakan spasme dari otot-otot volunter akibat dari kekurangan elektrolit.

1)      Kedua-duanya garam dan air hilang melalui keringat. Pasien dengan heat cramps biasanya mengganti air yang hilang dengan minum, tetapi tidak mengganti garam yang hilang.

2)      Pengobatan.
a.      Letakkan pasien pada tempat yang sejuk.
b.      Berikan cairan pengganti NaCL per oral dengan minuman yang mengandung kadar garam tinggi atau secara IV dengan larutan garam faal.

B.      Heat exhaustion merupakan kehilangan garam dan air; dengan salah satu kehilangannya lebih dominan.
1)      Gejala-gejala meliputi sakit kepala, nausea, pusing, dan gangguan penglihatan.
2)      Pasien dapat mengalami demam sampai 102°F tetapi berkeringat.
3)      Gunakan hasil laboratorium sebagai penuntun terapi pengganti garam dengan cairan isotonik, atau air dengan cairan hipotonik.
4)      Dinginkan pasien sesuai dengan keperluan, dengan cara pemajanan, pemberian kipas angin, dan metode lainnya.

C.      Heat stroke merupakan hipertermia yang hebat (di atas 41 °C atau 106°F) dengan kehilangan kemampuan regulasi panas.
1)      Gejala-gejala meliputi keadaan bingung, koma, dan serangan kejang.
2)      Kelelahan dari fungsi regulasi hipotalamik dan/atau kelenjar keringat yang menimbulkan kehilangan kemampuan pengeluaran panas, karena si pasien tidak berkeringat. Oleh karena itu kulitnya hangat dan kering.
3)      Kehilangan cairan dan garam biasanya tidak berat.
4)      Komplikasi dapat meliputi kerusakan hipertermik dari otak, hepar, ginjal, jantung, dan jaringan lainnya.
5)      Pengobatannya adalah dengan menurunkan suhu badan secepatnya.
a.      Kantung es harus diletakkan pada kulit, terutama aksila, inguinal, dan kulit kepala. Kulit diperciki dengan air dingin dan kemudian dievaporasi dengan kipas angin. Suatu selimut pendingin dapat digunakan.
b.      Enema cairan dingin, bilas lambung dan dialisis peritoneal, semua sudah dicoba, tetapi mungkin efektivitasnya terbatas.
c.       Merendam di dalam bak air dingin secara umum kurang praktis dan perlu penanganan dan pemantauan yang tepat.
d.      Pijat dapat meningkatkan vasodilatasi dan pertukaran panas.
e.      Menggigil harus dihindari karena akan meningkatkan suhu badan. Klorpromazin dapat digunakan untuk mengontrol menggigil (50 mg IV) tetapi dapat menyebabkan hipotensi.
f.        Komplikasi dapat berlanjut, meliputi rabdomiolisis dan mioglobinuria atau koagulasi intravaskular diseminata.
g.      Hentikan tindakan pendinginan aktif bila temperatur pusat sudah turun sampai 101°-102°F.

http://Made Udayati's Blog Termoregulasi.mht/


Perngertian Hipertermia
Hipertermia adalah peningkatan suhu tubuh di atas titik pengaturan hipotalamusbila mekanisme pengeluaran panas terganggu (oleh obat dan penyakit) atau dipengarhuioleh panas eksternal (lingkungan) atau internal (metabolik)Sengatan panas (heat stroke) per definisi adalah penyakit berat dengan ciritemperatur inti > 40 derajat celcius disertai kulit panas dan kering serta abnormalitassistem saraf pusat seperti delirium, kejang, atau koma yang disebabkan oleh pajanan panaslingkungan (sengatan panas klasik) atau kegiatan fisik yang berat. Lingkungan yang terlalupanas juga berbahaya bagi bayi. Keadaan ini terjadi bila bayi diletakkan dekat dengansumber panas, dalam ruangan yang udaranya panas, terlalu banyak pakaian dan selimut. Gejala hipertermia pada bayi baru lahir mencakup : suhu tubuh bayi > 37,5 °C, Frekuensi nafas bayi > 60 x / menit, tanda-tanda dehidrasi yaitu berat badan menurun, turgor kulit kurang, jumlahurine berkurang.

A.     PATOFISIOLOGI
Sengatan panas didefinisikan sebagai kegagalan akut pemeliharaan suhu tubuhnormal dalam mengatasi lingkungan yang panas. Orang tua biasanya mengalami sengatanpanas yang tidak terkait aktifitas karena gangguan kehilangan panas dan kegagalanmekanisme homeostatik. Seperti pada hipotermia, kerentanan usia lanjut terhadap seranganpanas berhubungan dengan penyakit dan perubahan fisiologis.

B.      FUNGSI KELENJAR KERINGAT
Gangguan sistem termoregulasi dengan berkurang atautidaknya keringatmerupakan penyebab terpenting sengatan panas pada lingkungan panas. Responberkeringat terhadap stimulus panas dan neurokimia berkurang pada usia lanjut dibandingpada usia dewasa muda. Juga terdapat ambang batas lebuh tinggi pada usia lanjut untuk berkeringat. Pada kondisi stres panas, manusia mengaktifkan kelenjar ekrin (di bawahkontrol kolinergik simpatis) dan kemampuan kelenjar itu megneluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh. Meskipun terdapat variasi luas antara individu dalam respon kelenjarkeringat terhadap stimulus farmakologis, terdapat pula stimulus yang berasal dari prosespenuaan. Pengaruh penuaan terhadap menurunnya fungsi kelenjar keringat terlihat jelas didaerah dahi dan ekstremitas daripada di badan.

C.      ALIRAN DARAH KULIT
Respon aliran darah kulit terhadap pemanasan lokal langsung pada kulit nonakralberkurang pada usia lanjut. Berkurangnya perfusi kulit pada usia lanjut berkaitan denganberkurangnya unit fungsional pleksus kapiler. Pada usia tua, terjadi transformasi kulitdimana kulit menjadi lebih datar akibat berkurangnya pembuluh darah mikrosirkuler dipapilaris kulit dan pleksus vaskular superfisial.

Klinis
Sengatan panas memiliki ciri khas di mana suhu tubuh inti lebih dari 40,6 derajatcelcius disertai disfungsi sistem saraf pusat yang berat (psikosis, delirium, koma) dananhidrosis (kulit yang panas dan kering). Manifestasi dini, disebut kelelahan panas (heat 12exhaustion), tidak khas dan terdiri dari rasa pusing, kelemahan, sensasi panas, anoreksia,mual, muntah, sakit kepala dan sesak napas.Komplikasi serangan panas mencakup gagal jantung kongestif dan aritmia jantung,edema serebral dan kejang serta defisit neurologis difus dan fokal, nekrosis hepatoselulerdan syok.

Terapi
Kunci mengatasi hipertermia adalah pendinginan. Hal ini dimulai segera dilapangan dan suhu tubuh inti harus diturunkan mencapai 39 derajat Celsius dalam jampertama. Lamanya hipertermia adalah yang paling menentukan hasil akhir. Berendamdalam es lebih baik dari pada menggunakan alkohol maupun kipas angin. Komplikasi membutuhkan perawtan di ruang intensif.
Suhu tubuh kita dalam keadaan normal dipertahankan di kisaran 37'C oleh pusatpengatur suhu di dalam otak yaitu hipotalamus. Pusat pengatur suhu tersebut selalumenjaga keseimbangan antara jumlah panas yang diproduksi tubuh dari metabolismedengan panas yang dilepas melalui kulit dan paru sehingga suhu tubuh dapat dipertahankandalam kisaran normal. Walaupun demikian, suhu tubuh kita memiliki fluktuasi harian yaitusedikit lebih tinggi pada sore hari jika dibandingkan pagi harinya.
Demam merupakan suatu keadaan dimana terdapat peningkatan suhu tubuh yangdisebabkan kenaikan set point di pusat pengatur suhu di otak. Hal ini serupa denganpengaturan set point (derajad celsius) pada remote AC yang bilamana set point nya dinaikkan maka temperatur ruangan akan menjadi lebih hangat. Suatu nilai suhu tubuhdikatakan demam jika melebihi 37,2 ‘C pada pengukuran di pagi hari dan atau melebihi37,7'C pada pengukuran di sore hari dengan menggunakan termometer mulut. Termometerketiak akan memberikan hasil nilai pengukuran suhu yang lebih rendah sekitar 0.5'C jika dibandingkan dengan termometer mulut sehingga jenis termometer yang digunakanberpengaruh dalam pengukuran suhu secara tepat.
Sebagian besar kasus demam memang disebabkan oleh berbagai penyakit infeksi danperadangan sehingga gejala demam seringkali diidentikkan dengan adanya infeksi dalamtubuh. Namun sebenarnya ada banyak proses lainnya selain infeksi yang dapatmenimbulkan gejala demam antara lain alergi, penyakit autoimun, kelainan darah dan keganasan. Berbagai proses tersebut akan memicu pelepasan pirogen, yaitu mediatorpenyebab demam, ke dalam peredaran darah yang lebih lanjut akan memicu pelepasan zat tertentu yang bernama prostaglandin sehingga akan menaikkan set point  di pusat pengaturan suhu di otak.
Pelepasan prostaglandin tersebut pulalah yang merupakan dalang dari timbulnyaberbagai gejala yang sering menyertai demam yaitu badan meriang, pegal-linu dan sakitkepala. Set point  di pusat pengatur suhu di otak yang tiba-tiba naik tersebut akan membuattubuh merasa bahwa suhu badan berada dibawah nilai normal akibatnya pembuluh darahakan menyempit untuk mencegah kehilangan panas badan dan tubuh akan mulai menggigiluntuk menaikkan suhu tubuh. Jadi menggigil dapat dikatakan suatu tahapan awal darikenaikan suhu tubuh dalam proses demam. Dengan demikian, gejala menggigil, demam,sakit kepala, dan badan pegal-linu merupakan satu paket gejala yang disebabkan olehproses yang sejalan.
Selain itu terdapat pula kondisi ‘demam' lainnya namun yang tidak disebabkan oleh kenaikan set point di pusat pengatur suhu di otak, yaitu dikenal sebagai hipertermia. Pada hipertermia, terdapat kenaikan suhu tubuh yang tinggi yang disebabkan oleh peningkatansuhu inti tubuh secara berlebihan sehingga terjadi kegagalan mekanisme pelepasan panas.Hipertermia antara lain dijumpai pada heat stroke (tersengat panasnya udara lingkungan), aktivitas fisik yang berlebihan pada cuaca panas serta dikarenakan efek dari beberapa jenisobat-obatan seperti ekstasi.
Terapi hipertermia (disebut juga termoterapi, selanjutnya kita sebut hipertermiasaja) adalah pengobatan kanker dengan cara memanaskan jaringan tubuh sampai mencapai 44o bahkan 45oC. Riset membuktikan bahwa suhu yang tinggi dapat menghancurkan danmembunuh sel kanker, dengan kerusakan minimal pada jaringan normal. Dengan merusak protein maupun struktur sel, hipertermia dapat membunuh sel kanker dan memperkecilukuran tumor.
Biasanya hipertermia digunakan bersamaan dengan terapi lain, misalnyaradioterapi, kemoterapi, atau imunoterapi, karena hipertermia dapat membuat sel kankerlebih sensitif, bahkan dapat langsung menghancurkan sel-sel kanker yang tidak dapatdihancurkan oleh radiasi.
Ada banyak metode yang digunakan untuk hipertermia. Berdasar luas area yangditerapi, terbagi atas hipertermia lokal, hipertermia regional, dan hipertermia total (seluruhtubuh).
Source : http://www.scribd.com/doc/31923875/Hipotermia-hipertermia

Rujukan : Baca buku fisiologi Guyton dan Hall, William F. Ganong, Lauralee Sherwood, buku-buku Ilmu Penyakit dalam IDI, atau bahkan patofisiologi, cari di MISC kakak angkatan 2010 dan 2009 ada banyak dan Textbook di perpus banyak atau powerpoint dosen kalau sudah punya. Maaf jika banyak salah kata. :D

Author : [R]adit dan [V]elli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar