Kamis, 25 Desember 2014

Latihan Soal Mini Kuis Skenario 5 Blok 9


Latihan Soal Mini Kuis Skenario 5 Blok 9
Author : Cindra Pramesthi

1.     Seorang wanita 30 tahun sudah menikah 6 tahun, haid terlambat 2 bulan. KU= pucat, lemas, akral dingin dan mengeluh nyeri perut tiba-tiba.
TD: 90/50 mmhg,
nadi 100x/ menit,
RR= 24x/menit,
Hb: 7 g/dl.
Keadaan yg paling mungkin pada pasien :
a.     KET (kehamilan ektopik terganggu)       
b.     Cystitis
c.      Appendicitis acute
d.     Kolestitis akut
e.     Pankreatitis

2.     Seorang laki-laki 25 tahun, dibawa ke RS dengan keluhan nyeri perut kanan bawah sejak 2 hari yang lalu. Pada awalnya nyeri dirasakan di ulu hati menjalar dan menetap di perut kanan bawah. Pasien juga mengeluh tidak ada nafsu makan serta mual dan muntah 4x. pada pemeriksaan fisik, didapatkan,
TD: 110/90,
N:96,
P: 20,
T:37,8.
Dari pemeriksaan abdomen, didapatkan nyeri tekan pada titik McBurney, tanda rovsing (+). Apakah kemungkinan diagnosis paling tepat :
a.     Perforasi ulkus duodenum
b.     Pankreatitis akut
c.      Kolik ureter
d.     Appendicitis akut
e.     Kolesistitis akut
3.     Batu di ureter juga sering menjadi diagnosis banding, maka pemeriksaan awal apa yang perlu dilakukan pada pasien diatas….
a.     BNO
b.     IVP
c.     CT Scan
d.     Urinalis
e.     Kultur dan sensitifitas urine

4.     Perempuan 22 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sakit perut tiba2 disertai perdarahan dari jalan lahir 5 jam yang lalu. Pasien terlambat haid 4 minggu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan konjungtiva anemis, TD 90/80, nadi 100x/menit dan nyeri tekan pada perut sebelah kanan. Pada pemeriksaan dalam diperoleh nyeri goyang porsio, cavum douglas menonjol, dan darah di sarung tangan. HB 7 gr%, leukosit 4000 mm3. Diagnosisnya?
          a. Kehamilan ektopik terganggu
          b. Abortus iminen
          c. Toriso kista ovarium
          d. Salphingitis akut
          e. Appendisitis

5.     Seorang wanita, 49 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan sejak 3 hari demam, sakit kepala, nyeri pinggang terutama sebelah kanan danmuntah-muntah sehingga tidak bisa makanminum. Satu minggu yang lalu penderita mengeluh BAK kurang lampias, setelah penderita jatuh terpeleset dan perut membentur kursi. BAB normal. Pada pemeriksaan fisik: compos mentis, sakit sedang, BMI 28, T100/80 mmHg, N 120x/m, R 28x/m, S 39,5 °C,turgor kulit kurang, cor/pulmo d.b.n. Abdomen: NT ringan a/r Hypocondrium dextra, NT ringana/r McBurney, NT a/r Suprapubik (+), ekstremitast.a.k. Pemeriksaan fisik yang perlu dilengkapi untuk mendukung diagnosis adalah:
a.     Murphy sign, Psoas sign
b.     Cullen sign, Gray Turner signc.
c.     Palpasi bimanual, CVA first percussiond.
d.     Pemeriksaan kaku kuduk, refleks Babinsky,APR, KPRe.
e.     McBurney’s sign, Rovsing sign

6.     Seorang pasien datang ke dokter dengan keluhan nyeri perut kanan bawah. Pasien juga merasa mual, muntah, tidak nafsu makan. Pemeriksaaan fisik didapatkan Mc Burney (+) nyeri tekan(+), nyeri tekan lepas (+). Dari pemeriksaan penunjang lab lekosit 9000, neutrofil 86%. Berapa score alvarado?
a.     5
b.     6
c.     7
d.     8
e.     9
 


















7.     Bila pada pemeriksaan fisik ditemukan nyeri tekan seluruh lapangan perut, defans muskuler (+), peristaltic (-), panas meningkat, maka lemungkinan apa yang terjadi pada pasien tersebut?
a.     Obstruksi usus
b.     Reflax gastroesofagealis
c.     Invaginasi ilecolica
d.     Peritonitis
e.     Pankreatitis kronis

8.     Dibawah ini merupakan gejala appendicitis yang menjadi kriteria score APGAR adalah
a.     vomitus
b.     Anorexia
c.     Leukosit diatas 1000
d.     Nyeri dikuadran kanan bawah
e.     demam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar