Kamis, 16 Mei 2013

Glaukoma vs. Katarak

Artikel : by : Kintan, Jurnal : by : Ardicho

     Apa itu Glaukoma? Penyakit ini tidak begitu akrab dikenal oleh masyarakat. Beda dengan Katarak, penyakit ini lebih populer. Keduanya adalah sama – sama penyakit mata. Glaukoma jauh lebih membahayakan dibandingkan Katarak. Seorang pasien yang menderita Glaukoma bisa mengalami kebutaan dan sulit disembuhkan…
    Berbeda dengan Katarak, penyakit ini bisa diatasi dan dipulihkan dengan operasi mata. Bagaimana dengan Glaukoma?
     Glaukoma terjadi ketika produksi cairan bola mata meningkat atau cairan bola mata tidak mengalir dengan sempurna sehingga mengakibatkan tekanan pada bola mata menjadi tinggi. Karena tekanan yang tinggi ini berakibat pada serabut – serabut saraf di dalam saraf mata menjadi terjepit dan mengalami kematian. Akibatnya kontak mata dengan otak menjadi sangat terganggu dan terjadi kebutaan.
     Pada umumnya seseorang baru menyadari adanya titik buta pada waktu kerusakan serabut saraf optik mulai parah. Bila seluruh serabut saraf rusak maka terjadi kebutaan total. Sering kali orang mulai memperhatikan kesehatan matanya begitu merasakan adanya gangguan pada penglihatannya. Bila sudah demikian, tindakan yang bisa dilakukan sudah pasti kurang maksimal dan memuaskan.
     Bila mengidap Glaukoma kita tidak bisa berharap dengan operasi mata maka segala permasalahan Glaukoma bisa teratasi. Ini salah besar. Jika kita mau memahami dari total penyembuhan Glaukoma dengan operasi mata hanya 40% nya saja selebihnya semua masalah tidak bisa teratasi. Butuh waktu yang lama untuk memulihkan pasca operasi mata. Karena kemungkinan hasil operasi saluran serabut mata yang sudah dibenarkan bisa rusak kembali.
     Karena itu deteksi sedini mungkin kesehatan mata anda. Karena ini langkah paling efektif dan terbaik untuk mencegah penyakit mata ini. Jangan melakukan diagnosa sendiri akan apa yang terjadi pada kedua mata anda. Terlebih lagi penggunaan obat – obatan yang tidak sesuai bisa mempercepat dan memperparah keadaan penglihatan anda.
     Jangan ragu – ragu untuk mengkonsultasikan jika anda mengalami keluhan pada penglihatan anda. Sayangilah mata anda karena penglihatan anda adalah jendela dunia satu – satunya yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar