Latihan Soal Skenario 3 Tutorial Blok 8
Author : Lita dan Nisa
Seorang anak berusia 5th dibawa ibunya ke
puskesmas untuk dikonsultasikan karena terlambat berbicara. Pasien blm bias
bicara dg jelas, biasanya ia hanya berteriak-teriak dg suara keras jika
menginginkan sesuatu. Pasien tdk suka bermain dg teman-temannya, sering asyik
berjam-jam memperhatikan kipas angin yg sedang berputar di ruang tamu. Kontak
matanya terbatas dan suka melompat-lompat tanpa tujuan secara berulang –ulang.
Menurut ibunya sejak kecil pasien anak yg sangat tenang, tdk rewel, tdk suka
digendong dan tdk pernah berceloteh di pagi hari seperti bayi lainnya.
1. Apakah
diagnosis yg tepat untuk pasien tersebut?
a. Gangguan
pemusatan perhatian
b. Gangguan
hiperaktivitas
c. Gangguan
autis
d. Retardasi
mental
e. Gangguan
berbahasa
Pembahasan :
ciri-ciri autis ~gangguan perkembangan invasive, interaksi social, sensorik
motorik, perkembangan
2. Apakah
gejala utama yg khas dialami oleh pasien tersebut?
a. Komunikasi,
impulsifitas, kecerdasan
b. Komunikasi,
hiperaktifitas, perilaku
c. Interaksi
social, hiperaktifitas, intelegensi
d. Komunikasi,
interaksi social, perilaku
e. Impulsifitas,
hiperaktifitas, perhatian
Pembahasan :
·
komunikasi : terlambat
berbicara. Pasien blm bias bicara dg jelas, biasanya ia hanya berteriak-teriak
dg suara keras jika menginginkan sesuatu.
·
Interaksi social :
Pasien tdk suka bermain dg teman-temannya
·
Perilaku : sering asyik
berjam-jam memperhatikan kipas angin yg sedang berputar di ruang tamu, Kontak
matanya terbatas dan suka melompat-lompat tanpa tujuan secara berulang –ulang,
tdk pernah berceloteh di pagi hari seperti bayi lainnya.
3. Gangguan
apakah yg ditunjukkan dg adanya kontak mata yg terbatas dan ketidaksukaan
pasien untuk bermain bersama teman-temannya?
a. Komunikasi
b. Interaksi
social
c. Perilaku
d. Impulsifitas
e. Hiperaktifitas
4. Kapankah
onset gangguan yg dialami oleh pasien tersebut?
a. Sejak
lahir
b. Sejak
usia 3th
c. Sejak
usia 4th
d. Sejak
usia 5th
Pembahasan
: Menurut ibunya sejak kecil pasien anak yg sangat tenang, tdk rewel, tdk suka
digendong dan tdk pernah berceloteh di pagi hari seperti bayi lainnya.
Seorang anak, berusia 6 tahun,
dibawa ibunya ke Puskesmas untuk dikonsultasikan, karena tidak bisa mengikuti
pelajaran di sekolah dengan baik sehingga gurunya menganjurkan untuk
dipindahkan ke SLB. Pasien sulit untuk bisa duduk dengan tenang dan memperhatikan
orang berbicara termasuk orang tua dan gurunya. Pasien sering meninggalkan
tempat duduknya, berjalan mengelilingi kelas bahkan kadang naik di atas meja
sambil berteriak-teriak. Pasien tidak bisa berbaris rapi saat akan masuk kelas
bahkan kadang malah mendorong temannya hingga jatuh. Menurut ibinya, keadaan
ini juga terjadi di rumah saat pasien berinteraksi dengan adik atau
teman-temannya.
5. Apakah
diagnosis yang tepat untuk pasien tersebut di atas?
A.
Gangguan
Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas
B. Gannguan
Retardasi Mental
C. Gangguan
Spektrum Autis
D. Gangguan
Gerakan Stereotipik
E. Gangguan
Sikap Menentang
Pembahasan
:
Ø Attention-deficit/Hiperactivity
Disorder (ADHD) atau Gangguan Pemusatan
Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) merupakan suatu gangguan perilaku yang
ditandai oleh gangguan penyesuaian diri perkembangan perhatian/konsentrasi (inattentiveness),
aktivitas berlebihan (hiperactivity), dan perilaku impulsif/kontrol
perilaku kurang (impulsivity) yang tidak sesuai dengan usianya, dan telah
berlangsung 6 bulan atau lebih dan terjadi sebelum usia 7 tahun pada tingkat
sampai menganggu penyesuaian diri dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan.
Ø Retardasi
mental adalah penurunan fungsi intelektual yang menyeluruh secara bermaknadan
secara langsung menyebabkan gangguan adaptasi sosial, dan bermanifestasi
selamamasa perkembangan.Klasifikasi retardasi mental adalah mild retardation,
moderateretardation, severe retardation dan profound
retardation.
Ø Gangguan
Spektrum Autis (Autism Spectrum Disorder) adalah suatu gangguan
perkembangan (otak) yang sangat kompleks, yang secara klinis ditandai oleh adanya
3 gejala utama berupa : kualitas yang kurang dalam kemampuan interaksi sosial
dan emosional, kualitas yang kurang dalam kemampuan komunikasi timbal balik,
dan minat yang terbatas, perilaku tak wajar, disertai gerakan-gerakan berulang
tanpa tujuan (stereotipik).Selain
itu tampak pula adanya respon tak wajar terhadap pengalaman sensorik, yang
terlihat sebelum usia 3 tahun.
6. Apakah
gejala utama yang khas dialami oleh pasien tersebut di atas?
A. Komunikasi,
impulsifitas, kecerdasan
B. Komunikasi,
hiperaktivitas, perilaku
C. Interaksi
sosial, hiperaktivitas, intelegensi
D. Hiperaktivitas,
interaksi sosial, perilaku
E.
Impulsifitas,
hiperaktivitas, perhatian
Pembahasan
:
Ø Gangguan
Pemusatan Perhatian (Inatensi)
Tidak mampu
memusatkan perhatiannya untuk waktu yang lama, perhatiannya mudah teralihkan
oleh stimulus lain. Rentang waktu pemusatan perhatian yang singkat, kemampuan
menyimak yang rendah.
Ø Impulsivitas
Dapat berupa impulsivitas
motor dan atau verbal.Impulsivitas motor berupa anak selalu berpindah dari satu
aktivitas ke aktivitas lain. Impulsivitas verbal atau kognitif terlihat berupa
sikap terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum mendapat informasi.
Ø Hiperaktivas
GPPH dapat disertai
atau tanpa hiperaktivitas. Hiperaktivitas menggambarkan perilaku motorik yang
berlebihan.
7. Gangguan
apakah yang ditunjukkan dengan pasien sulit untuk berbaris secara teratur
menuju kelas dan bahkan kadang mendorong temannya hingga jatuh?
A. Komunikasi
B. Interaksi
sosial
C. Perilaku
D.
Impulsifitas
E. Hiperaktivitas
Pembahasan
:
(ada pada pembahasan sebelumnya...)
8. Apakah
farmakoterapi yang paling tepat untuk pasien tersebut?
A. Haloperidol
B. Diazepam
C.
Methilpenidat
D. Carbamazepin
E. Multivitamin
Pembahasan
:
http://old.pediatrik.com/isi03.php?page=html&hkategori=ePDT&direktori=pdt&filepdf=0&pdf=&html=07110-ogqf273.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar