Senin, 24 September 2012

Skenario 2 Tutorial Blok 7 Part II


SKENARIO 2 TUTORIAL BLOK 7 Part II
Author : Eka
CHROMOSOMAL GENETIK DEASES
            Kelainan genetik ternyata banyak faktor yang menyebabkan loh.  Monogenik, multi genik, multifactorial, mitokondrial, dan juga kromosomal, nah yang kita bahas kali ini adalah kromosomal. Contoh kelainan kromosomal, Sindrom Down (True Trisomy, Chromosomal Translocation, Mosaicism), Sindrom Patau ( trisomi kromosom No. 13), Sindrom Turner, trisomi 18, Sindrom Klinefelter, Sindroma Triple X, Pria XYY, Sindrom Cri-du-chat. Nah penjelasanya banyak kok literatur yang membahas Sindrom diatas, tinggal baca buku genetik juga ada, hehe.
            Menurut scenario yang sudah ada, anak tersebut mengalami kelainan kromosomal yang Sindroma Down, so kita bahas lebih lanjut lagi...
            Tipe-tipe Sindrom Down
  1. Trisomi 21
Dari kesuluruhan populasi yang menderita Sindrom Down 95% trisomi kromosom 21. Mempunyai kelebihan sebuah autosom nomor 21. Sehingga formula kromosomnya dapat dituli seperti dibawah :
Laki-laki          : 47,XY+21
Perempuan      : 47, XX +21
Gambaran Klinis :Bisanya penderita Sindrom Down mempunyai tubuh pendek, dan puntung, lengan atau kaki kadang bengkok, kepala lebar, wajah membulat, mulut selalu terbuka, ujung lidah besar, hidung lebar dan besar, kedua lubang hidung terpisah lebar, jarak lebar anatar kedua mata, kelopak matanya ada lipatan epikantus, iris matanya berbintik,tangan dan kaki kelihatan lebar dan tumpul,telapak tangan memiliki garis yang abnormal, ibu jari kaki dan jari kedua ada kalanya tidak rapat, mata hidung mulut dan gigi tampak kotor, IQ rendah antara 25-75, biasanya punya kelainan jantung, dan tidak resisten terhdap penyakit. Manifestasi kulit : kulit lembut, kering  dan tipis, Xerosis (70%), atopic dermatitis (50%), palmoplantar hyperkeratosis (40-75%), dan seborrheic dermatitis (31%), Premature wrinkling of the skin, cutis marmorata, and acrocyanosis, Bacteria infections, fungal infections (tinea), and ectoparasitism (scabies), Elastosis perforans serpiginosa, Syringomas, Alopecia areata (6-8.9%), Vitiligo, Angular cheilitis. Tampilan klinis otot :  mempunyai otot yang lemah menyebabkan mereka menjadi lembik dan menghadapi masalah lewat dalam perkembangan motor kasar. Masalah-masalah yang berkaitan Kanak-kanak down syndrom mungkin mengalami masalah kelainan organ-organ dalam terutama sekali jantung dan usus.
Lahirnya anak yang menderita Sindrom Down itu berhubungan erat dengan umur ibu. Tidak ada korelasinya yang konsisten dengan umur ayah.  Kemungkinan karena oosit mengalami waktu istirahat (profase 1)yang sangat panjang yaitu sejak pemebentukan(meosis) oosit hingga sampai ovulasi, dengan demikian membutuhkan waktu istirahat kira-kira 12-45 tahun, selama waktu yang panjang itu oosit mengalami nondisjunction. Biasanya kalainan ini terjadi pada anak terkhir dari suatu keluarga besar, karena faktor seorang ibu yang melahirkan pada usia lanjut.
Ada beberapa pendapat mengapa terjadi nondisjunction, mungkin adanya virus akibat radiasi, mungkin adanya pengandungan antobody tiroid yang tinggi, mungkin karena lama sel telur tidak dibuahi di tuba fallopii.
Gambaran tentang peristiwa nondisjunction

Keterangan gambar seharusnya pada meiosis 1 membawa 1 pasang kromosom, tetapi ini malah membawa 2 pasang kromosom, sehingga pada meiosis 2 terjadi pembelahan ganda, akhirnya menjadi trisomi pada kromosom 21, dan salah satu faktornya adalah usia.
Menurut penelitian, down syndrome menimpa satu di antara 700 kelahiran hidup atau 1 diantara 800-1000 kelahiran bayi. Diperkirakan saat ini terdapat empat juta penderita down syndrome di seluruh dunia, dan 300 ribu kasusnya terjadi di Indonesia. Analisis baru menunjukkan bahwa dewasa ini lebih banyak bayi dilahirkan dengan down syndrome dibanding 15 tahun lalu.  Karena merupakan suatu kelainan yang tersering yang tidak letal pada suatu kondisi trisomi, maka skrining genetik dan protokol testing menjadi fokus dibidang obstetri. Kelainan mayor yang sering berhubungan adalah kelainan jantung 30-40%. atresia gastrointestinal, leukimia dan penyakit tiroid. IQ berkisar 25-50.Insidensnya pada Wanita yang hamil diatas usia 35 th meningkat dengan cepat menjadi 1 diantara 250 kelahiran bayi. Diatas 40 th semakin meningkat lagi, 1 diantara 100 kelahiran bayi. Dan diatas 45 tahun semakin meningkat yaitu hingga 1 diantara 35 kelahiran bayi, juga tidak terpungkiri kalau ibu hamil <25 tahun ternyata kemungkinannya 1 diantara 1400 kelahiran bayi.

  1. Chromosomal Translocation
Ini biasanya terjadi hanya 3-4% dari seluruh populasi,  kelainan yang terjadi karena peristiwa perubahan struktur kromosom, disebabkan karena suatu potongan kromosom bersambung dengan potongan kromosom lainnya, yang bukan homolognya. Biasanya hal itu terjadi pada kromosom nomor 21 dengan 14 maupun 15, namun lebih sering pada kromosom 14. 
Kromosom jumlahnya 46, dan yang satunya adalah kromosom t(14q21q) menunjukkan “t” itu translokasi, 14q lengan panjang dari autosom 14, 21q artinya lengan panjang dari autosom 21.
Tiga persen menjadi 4 persen bayi yang lahir dengan sindrom Down memiliki translokasi sindrom Down. Jika Anda memiliki sebuah ruangan penuh 100 bayi dengan Down syndrome, mereka semua akan terlihat sama dan memiliki fitur yang serupa dan masalah kesehatan. Anda tidak akan mampu untuk memilih tiga atau empat yang memiliki translokasi a.
Setiap kali translokasi yang ditemukan pada anak, kromosom orang tua 'yang dipelajari untuk menentukan apakah translokasi itu warisan atau tidak. Jika salah satu orangtua memiliki kromosom translokasi, maka dokter tahu bayi mewarisi translokasi dari orang tua itu. Orang tua benar-benar akan memiliki 45 kromosom total setiap sel tubuh mereka, tetapi mereka akan menjadi normal dan sehat karena mereka masih hanya memiliki dua salinan dari setiap kromosom. Ketika seseorang memiliki penataan ulang bahan kromosom, tanpa bahan kromosom ekstra atau hilang, mereka dikatakan memiliki "translokasi seimbang" atau menjadi "pembawa translokasi seimbang."
  1. Mosaicism
Kelainan/sindrom ini peluangnya 1-2% dari populasi sindrom down. Some embrionic cells normal, some with trisomy 21, jadi kalau di mosaik ini tidak semua kromosom 21 ny yang trisomi ada yang normal juga. Kadang-kadang  sindrom down mosaik ini terlihat seperti orang normal lainnya. Namun ada juga yang down sindrom namun tingkatannya termasuk sindrom down normal.( MISC 2010)
Mosaic Down syndrome is a developmental disability caused by an extra chromosome. The difference is the same as in Down syndrome, except that individuals with Mosaic Down syndrome do not have the extra chromosome on every cell. They have a "mosaic" of affected and uneffected cells. Children with Mosaic Down syndrome may have higher IQs than those with Down syndrome, but many of the health and development issues are the same.

Tes screenig
Maternal Serum Screening
Darah ibu diperiksa kombinasi dari berbagai marker: alpha-fetoprotein (AFP), unconjugated estriol (uE3), dan human chorionic gonadotropin (hCG) membuat tes standar, yang dikenal bersama sebagai “tripel tes.”Tes ini merupakan independen pengukuran, dan ketika dibawa bersama-sama dengan usia ibu (dibahas di bawah), dapat menghitung risiko memiliki bayi dengan sindrom Down.Selama lima belas tahun terakhir, ini dilakukan dalam kehamilan 15 sampai minggu ke-18 Baru-baru ini, tanda lain yang disebut Papp-A ternyata bisa berguna bahkan lebih awal.
Alpha-fetoprotein dibuat di bagian rahim yang disebut yolk sac dan di hati janin, dan sejumlah AFP masuk ke dalam darah ibu. Pada sindrom Down, AFP menurun dalam darah ibu, mungkin karena yolk sac dan janin lebih kecil dari biasanya.
Estriol adalah hormon yang dihasilkan oleh plasenta, menggunakan bahan yang dibuat oleh hati janin dan kelenjar adrenal. estriol berkurang dalam sindrom Down kehamilan.
Human chorionic gonadotropin hormon yang dihasilkan oleh plasenta, dan digunakan untuk menguji adanya kehamilan. bagian yang lebih kecil tertentu dari hormon, yang disebut subunit beta, adalah sindrom Down meningkat pada kehamilan.
Inhibin A adalah protein yang disekresi oleh ovarium, dan dirancang untuk menghambat produksi hormon FSH oleh kelenjar hipofisis. Tingkat inhibin A meningkat dalam darah ibu dari janin dengan Down syndrome.
PAPP-A , yang dihasilkan oleh selubung telur yang baru dibuahi. Pada trimester pertama, rendahnya tingkat protein ini terlihat dalam sindrom Down kehamilan.
Pertimbangan yang sangat penting dalam tes skrining adalah usia janin (usia kehamilan). Analisis yang benar komponen yang berbeda tergantung pada usia kehamilan mengetahui dengan tepat. Cara terbaik untuk menentukan bahwa adalah dengan USG.

Ultrasound Screening (USG Screening)
Kegunaan utama USG (juga disebut sonografi) adalah untuk mengkonfirmasi usia kehamilan janin (dengan cara yang lebih akurat daripada yang berasal dari ibu siklus haid terakhir). Manfaat lain dari USG juga dapat mengambil masalah-masalah alam medis serius, seperti penyumbatan usus kecil atau cacat jantung. Mengetahui ada cacat ini sedini mungkin akan bermanfaat bagi perawatan anak setelah lahir. Pengukuran Nuchal fold juga sangat direkomendasikan.
Ada beberapa item lain yang dapat ditemukan selama pemeriksaan USG bahwa beberapa peneliti telah merasa bahwa mungkin memiliki hubungan yang bermakna dengan sindrom Down. Temuan ini dapat dilihat dalam janin normal, tetapi beberapa dokter kandungan percaya bahwa kehadiran mereka meningkatkan risiko janin mengalami sindrom Down atau abnormalitas kromosom lain. echogenic pada usus, echogenic intracardiac fokus, dan dilitation ginjal (pyelctasis). marker ini sebagai tanda sindrom Down masih kontroversial, dan orang tua harus diingat bahwa setiap penanda dapat juga ditemukan dalam persentase kecil janin normal. Penanda yang lebih spesifik yang sedang diselidiki adalah pengukuran dari hidung janin; janin dengan Down syndrome tampaknya memiliki hidung lebih kecil USG dari janin tanpa kelainan kromosom. masih belum ada teknik standar untuk mengukur tulang hidung dan dianggap benar-benar dalam penelitian saat ini.
Penting untuk diingat bahwa meskipun kombinasi terbaik dari temuan USG dan variabel lain hanya prediksi dan tidak diagnostik. Untuk benar diagnosis, kromosom janin harus diperiksa.

Amniosentesis
Prosedur ini digunakan untuk mengambil cairan ketuban, cairan yang ada di rahim. Ini dilakukan di tempat praktek dokter atau di rumah sakit. Sebuah jarum dimasukkan melalui dinding perut ibu ke dalam rahim, menggunakan USG untuk memandu jarum. Sekitar satu cairan diambil untuk pengujian. Cairan ini mengandung sel-sel janin yang dapat diperiksa untuk tes kromosom. Dibutuhkan sekitar 2 minggu untuk menentukan apakah janin sindrom Down atau tidak.
Amniocentesis biasanya dilakukan antara 14 dan 18 minggu kehamilan; beberapa dokter mungkin melakukannya pada awal minggu ke-13. Efek samping kepada ibu termasuk kejang, perdarahan, infeksi dan bocornya cairan ketuban setelah itu. Ada sedikit peningkatan risiko keguguran: tingkat normal saat ini keguguran kehamilan adalah 2 sampai 3%, dan amniosentesis meningkatkan risiko oleh tambahan 1 / 2 sampai 1%. Amniosentesis tidak dianjurkan sebelum minggu ke-14 kehamilan karena risiko komplikasi lebih tinggi dan kehilangan kehamilan.
Rekomendasi saat ini  wanita dengan risiko memiliki anak dengan sindrom Down dari 1 dalam 250 atau lebih besar harus ditawarkan amniosentesis. Ada kontroversi mengenai apakah akan menggunakan risiko pada saat penyaringan atau perkiraan resiko pada saat kelahiran. (Risiko pada saat skrining lebih tinggi karena banyak janin dengan Down syndrome membatalkan secara spontan sekitar waktu penyaringan atau sesudahnya.

Chorionic Villus Sampling (CVS) Chorionic Villus Sampling (CVS)
Dalam prosedur ini, bukan cairan ketuban yang diambil, jumlah kecil jaringan diambil dari plasenta muda (juga disebut lapisan chorionic). Sel-sel ini berisi kromosom janin yang dapat diuji untuk sindrom Down. Sel dapat dikumpulkan dengan cara yang sama seperti amniosentesis, tetapi metode lain untuk memasukkan sebuah tabung ke dalam rahim melalui vagina.
CVS biasanya dilakukan antara 10 dan 12 minggu pertama kehamilan. Efek samping kepada ibu adalah sama dengan amniosentesis (di atas). Risiko keguguran setelah CVS sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan amniosentesis, meningkatkan risiko keguguran normal 3 sampai 5%. Penelitian telah menunjukkan bahwa dokter lebih berpengalaman melakukan CVS, semakin sedikit tingkat keguguran.
Nah, kesimpulannya fungsi test screening itu untuk mengetahui bagaimana keadaan janin, dan apabila diketahui ada kelainan maka kita konsulkan untuk diberi tindakan lebih lanjut, dan ada 200 penyakit genetik( hemofili, thalasemia, CA, dll) yang bisa disembuhkan sebelum lahir, begitu kata prof. Soewito . hehe
konseling
Konseling adalah suatu komunikasi tatap muka untuk membantu penderita menetapkan pilhan melalui pemahaman tentang fakta-fakta yang sudah ada, secara mandiri.
Ada 3 aspek penting dalam melakukan konseling secara umum
Harus memiliki teknik, skill dan attitude dlm konseling.
Konseling itu dilakukan untuk membantu seseorang dalam mengatur masalahnya sendiri.
3.   Mengguankaan sumber daya sendiri dengan pengetahuan yang didapat dari konselor.
Karakteristik dalam konseling
1.   Tatap muka langsung
2.   Konselor membantu pasien untuk memahami dirinya sendiri
3.   Keputusan dilakukan oleh pasien sendiri
Tata cara konseling ( secara umum)
1.   Menyampaikan salam ( greet)
2.   Mengajukan pertanyaan dan menilai ( ask and assess)
3.   Menyampaikan uraian sesuai  dengan kebutuhan pasien ( tell)
4.   Membantu pasien mengambil keputusan ( help)
5.   Menerangkan selengkapnya tentang keputusan yang diambil (explain)
6.   Menjelaskan kunjungan ulang dan merujuk pasien
SEPERANGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT GENETIKA
Perlu ditegakkan diagnosa sebelum Konseling Genetika dilakukan :
Anamnesis : cermat dan hati-hati
Pembuatan silsilah keluarga
Pemeriksaan klinik dismorfologi atau fenotip fisik
Pemeriksaan anggota kel. Yg lain
Pemeriksaan dermatoglifi
Pemeriksaan penunjang
Konsultasi ahli yang terkait
PENGOBATAN
Konseling untuk tindakan medik yang akan dilakukan, meliputi :
Pencegahan primer : mencegah kelahiran anak dgn cacat berat, Menghindari perkawinan calon pasangan resiko tinggi,Menghindari pembuahan.
Pencegahan sekunder : untuk menghindari ekspresi gen agar gen tidak menampakkan fenotipnya, Memberikan obat-obat,Membatasi substrat ,Penggantian enzim,Menghindari obat ttt
Pencegahan tersier ; untuk perbaikan atau mengurangi kecacatan yang telah ada
Operasi untuk memperbaiki kecacatan
Fisioterapi
Penggunaan alat bantu
MISC(2010)

Hukum negara dan hukum Islam mengenai kelainan kromosomal
      Kata prof. Soewito “ dalam undang-undang disebutkan bahwa aborsi boleh dilakukan asalkan ada ancaman dari ibu, dan di Indonesia sendiri aborsi untuk indikasi anak dengan kelainan kromosomal contohnya lewat test screning prenatal ( sindrom down)sudah diketahui masih belom diterima. Untuk dokter yang tetap melakukan aborsi dengan indikasi anak ( menganut paham teontologi) tetap disalahkan karena di Indonesia sudah mempunyai hukum yang jelas. Sebagai dokter yang Islami sudah seharusnya memberikan konseling terhadap orang tuanya, supaya anaknya dijaga dan diterima bagaimanapun keadaanya”  kuliah tanggal 24-09-2012.
        Idikasi/ alasan untuk abortus
Undang- undang menetapkan ketentuan yang berikut mengenai abortus :
1.    Abortus dilarang secara mutlak,
2.    Abortus diperbolehkan dalam hal- hal sebagai berikut :
a.    Indikasi medik ( untuk menyelamatkan jiwa manusia).
b.    Indikasi kesehatan
Untuk menjaga kesehatan wanita. Defenisi kesehatan menurut Pasal 2, Undang-undang Pokok kesehatan No.9 tahun 1960, yang dimaksud dengan kesehatan ialah meliputi kesehatan badan, Rohani (mental), social dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.
      Hukum yang mengatur tentang abortus.
Di Indonesia, abortus diatur dalam Undang- undang hokum Pidana (KUHP), diantaranya Pasal 229, 346, 347, 348, 349, 350 dan 535.
Menurut hukum-hukum yang berlaku di Indonesia, aborsi atau pengguguran janin termasuk kejahatan, yang dikenal dengan istilah “Abortus Provocatus Criminalis”.
Yang menerima hukuman adalah:
1.    Ibu yang melakukan aborsi
2.    Dokter atau bidan atau dukun yang membantu melakukan aborsi
3.    Orang-orang yang mendukung terlaksananya aborsi

Author : Eka
REFERENSI
Lejeune J, Gautier M, Turpin R. [Study of somatic chromosomes from 9 mongoloid children.] Article in French. C R Hebd Seances Acad Sci. Mar 16 1959;248(11):1721-2.
Reeves RH, Baxter LL, Richtsmeier JT. Too much of a good thing: mechanisms of gene action in Down syndrome. Trends Genet. Feb 2001;17(2):83-8.
misc 2010
buku genetik suryo
     Price, Sylvia A.2005.Patofisiologi : Konsep Klinis Proses Penyakit ed.6 vol.1.Jakarta : EGC
     Selikwitz, Mark.2001.Mengenal Sindrom Down.Jakarta : EGC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar