Kamis, 05 Desember 2013

SKENARIO 2 BLOK 3 2013 PART 2 – BERKERINGAT

SKENARIO 2 BLOK 3 2013 PART 2 – BERKERINGAT
AUTHOR : RIANTI & VENTY

1.      Struktur anatomi dan fisiologi kulit?

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas yang berkontribusi terhadap total berat tubuh sebanyak 7 %. Keberadaan kulit memegang peranan penting dalam mencegah terjadinya kehilangan cairan yang berlebihan, dan mencegah masuknya agen-agen yang ada di lingkungan seperti bakteri, kimia dan radiasi ultraviolet. Kulit juga akan menahan bila terjadi kekuatan-kekuatan mekanik seperti gesekan (friction), getaran (vibration) dan mendeteksi perubahan-perubahan fisik di lingkungan luar, sehingga memungkinkan seseorang untuk menghindari stimuli-stimuli yang tidak nyaman. Kulit membangun sebuah barier yang memisahkan organ-organ internal dengan lingkungan luar, dan turut berpartisipasi dalam berbagai fungsi tubuh vital.
Kulit manusia terdiri atas epidermis  dan dermis. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (kelenjar sudorifera) yang terletak di lapisan dermis. Struktur anatomi kulit terdiri dari:
v  Epidermis

Epidermis tersusun atas lapisan tanduk (lapisan korneum) dan lapisan Malpighi. Epidermis terbagi atas 4 lapisan, yaitu:
¨      Lapisan basal/stratum germinativum
¨      Lapisan Malpighi/stratum spinosum
¨      Lapisan Granular/stratum granulosum.
¨      Lapisan tanduk/korneum.
Sel merkel berperan dalam pembentukan kalus dan klavus pada tangan dan  kaki.
Sel langerhans. Berperan dalam respon – respon antigen kutaneus.
Epidermis akan bertambah tebal jika bagian tersebut sering digunakan. Persambungan  antara epidermis dan dermis di sebut rete ridge yang berfunfgsi sebagai  tempat pertukaran nutrisi yang essensial. Dan terdapat kerutan yang disebut fingers prints.

v  Dermis
Lapisan ini mengandung pembuluh darah, akar rambut, ujung saraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Kelenjar keringat menghasilkan keringat. Banyaknya keringat yang dikeluarkan dapat mencapai 2.000 ml setiap hari,tergantung pada kebutuhan tubuh dan pengaturan suhu. Keringat mengandung air, garam, dan urea. Fungsi lain sebagai alat ekskresi adalah sebagai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh.
Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Melebarnya pembuluh kapiler akan  memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme. Aktifnya kelenjar keringat mengakibatkan keluarnya keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan. Penguapan mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi. Sebaliknya, saat suhu lingkungan rendah, kelenjar keringat tidak aktid dan pembuluh kapiler di kulit menyempit. Pada keadaan ini darah tidak membuang sisa metabolisme dan  air, akibatnya penguapan sangat berkurang, sehingga suhu  tubuh  tetap dan tubuh tidak mengalami kendinginan. Keluarnya keringat dikontrol oleh  hipotalamus.
Jaringan Subkutan atau Hipodermis/Subkutan Merupakan lapisan terdalam yang banyak mengandung sel liposi yang menghasilkan banyak lemak. Jaringan ini termasuk jaringan adiposa sebagai bantalan antara kulit dan struktur internal seperti otot dan tulang. Jaringan ini juga berfungsi sebagai mobilitas kulit, perubahan kontur tubuh dan penyekatan panas, sebagai bantalan terhadap trauma, dan tempat penumpukan energi.
Rambut terdapat di seluruh kulit kecuali telapak tangan kaki dan bagian dorsal dari falang distal jari tangan, kaki, penis, labia minora dan bibir. Terdapat 2 jenis rambut :
§  Rambut terminal (dapat panjang dan pendek)
§  Rambut velus (pendek, halus dan lembut)

2.      Pengaruh kulit dalam menjaga kesetimbangan cairan elektrolit?dan hubungannya dengan mekanisme berkeringat?

Kesetimbangan cairan elektrolit adalah kesetimbangan antara pemasukan dan pengeluaran cairan.
Kulit merupakan bagian penting pengaturan cairan yang terkait dengan proses pengaturan panas. Proses ini diatur oleh pusat pengatur panas yang disarafi oleh vaso motorik dengan kemampuan mengendalikan arteriol kutan dengan cara vasodilatasi dan vasokonstriksi. Proses pelepasan panas dapat dilakukan dengan cara penguapan panas. Jumlah keringat yang dikeluarkan tergantung pada banyaknya darah yang mengalir melalui pembuluh darah dalam kulit. Proses pelepasan panas lainnya dapat dilakukan melaui cara pemancaran panas keudara sekitar konduksi (yaitu, pengalihan panas kebenda yang disentuh), dan konveksi (yaitu, pengaliran udara panas kepermukaan yang lebih dingin).
Keringat merupakan sekresi aktif dari kelenjar keringat dibawah pengendalian saraf simpatis. Melalui kelenjar keringat ini suhu dapat diturunkan dengan jumlah air yang dapat dilepaskan, kurang lebih setengah liter sehari. Perangsangan kelenjar keringat yang dihasilkan dapat diperoleh melalui aktivitas otot, suhu lingkungan , dan kondisi sushu tubuh yang panas.


3.      Kondisi mendung,apakah mempengaruhi proses berkeringat?

Sebagian besar dari tubuh kita ini tersusun atas air. Pada cuaca dingin /mendung tubuh menjadi sedikit sulit dalam berkeringat, karena selain pori-pori kulit menjadi mengecil juga dari fungsi dasar dari keringat itu sendiri untuk menstabilkan suhu tubuh. Keringat keluar jika suhu tubuh kita naik entah itu karena kita melakukan aktivitas atau sebaliknya suhu udara disekitar tinggi maka untuk mengurangi dampak kepanasan maka tubuh mengeluarkan keringat untuk melawannya.

Dalam cuaca atau lingkungan sekitar yang dingin, tubuh manusia cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal, salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin.

4.      Saraf simpatis dan parasimpatis?

Saraf simpatik dan parasimpatik adalah bagian dari sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom mengatur kerja jaringan dan organ tubuh yang tidak disadari atau yang tidak dipengaruhi oleh kehendak kita. Sistem saraf otonom disusun oleh serabut saraf yang berasal dari otak maupun dari sumsum tulang belakang dan menuju organ yang bersangkutan. Jaringan dan organ tubuh diatur oleh sistem saraf otonom adalah pembuluh darah dan jantung. Dalam sistem ini terdapat beberapa jalur dan masing-masing jalur membentuk sinapsis yang kompleks dan juga membentuk ganglion. Urat saraf yang terdapat pada pangkal ganglion disebut urat saraf pra ganglion dan yang berada pada ujung ganglion disebut urat saraf post ganglion.

Saraf Simpatik

Saraf simpatik adalah saraf yang berpangkal pada sumsum tulang belakang (medula spinalis) di daerah dada dan pinggang. Saraf simpatik merupakan bagian dari sistem saraf otonom yang cenderung bertindak berlawanan terhadap sistem saraf parasimpatik dan umumnya berfungsi untuk memacu dan mempercepat kerja organ-organ tubuh, seperti mempercepat detak jantung dan menyebabkan kontraksi pembuluh darah. Sistem ini mengatur fungsi kelenjar keringat dan merangsang sekresi glukosa dalam hati. Sistem saraf simpatik diaktifkan terutama dalam kondisi stres. Sistem saraf simpatik disebut juga sistem saraf torakolumbar, karena saraf preganglion keluar dari tulang belakang toraks ke-1 sampai dengan ke-12. Sistem saraf ini berupa 25 pasang ganglion atau simpul saraf yang terdapat di sumsum tulang belakang.

(Selengkapnya baca artikel tentang Sistem Saraf Pada Manusia)

Fungsi dari sistem saraf simpatik adalah sebagai berikut.

Mempercepat denyut jantung

Mempersempit diameter pembuluh darah

Memperlambat proses pencernaan

Memperkecil bronkus

Menurunkan tekanan darah

Memperlambat gerak peristaltis

Memperlebar pupil

Menghambat sekresi empedu

Menurunkan sekresi ludah

Meningkatkan sekresi adrenalin.

Saraf Parasimpatik

Saraf parasimpatik adalah saraf yang berpangkal pada sumsum lanjutan (medula oblongata) dan dari sakrum yang merupakan saraf pre-ganglion dan post-ganglion.  Sistem saraf parasimpatik disebut juga dengan sistem saraf kraniosakral, karena saraf preganglion keluar dari daerah otak dan daerah sakral. Fungsi saraf parasimpatik umumnya memperlambat kerja organ-organ tubuh. Susunan saraf parasimpatik berupa jaring- jaring yang berhubung-hubungan dengan ganglion yang tersebar di seluruh tubuh. Urat sarafnya menuju ke organ tubuh yang dikuasai oleh susunan saraf simpatik.

Sistem saraf parasimpatik memiliki fungsi yang berkebalikan dengan fungsi sistem saraf simpatik. Misalnya pada sistem saraf simpatik berfungsi mempercepat denyut jantung, sedangkan pada sistem saraf parasimpatik akan memperlambat denyut jantung. Berikut adalah fungsi dari sistem saraf parasimpatik.

>>Menghambat denyut jantung

>>Memperlebar    diameter pembuluh darah

>>Mempercepat proses pencernaan

>>Memperlebar bronkus

>>Menaikkan tekanan darah

>>Mempercepat gerak peristaltis

>>Mempersempit pupil

>>Mempercepat sekresi empedu

>>Menaikkan sekresi ludah

>>Meninurunkan sekresi adrenalin.

Perbedaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik


Perbedaan antara saraf simpatik dan parasimpatik terletak pada posisi ganglion. Saraf simpatik mempunyai ganglion yang terletak di sepanjang tulang belakang menempel pada sumsum tulang belakang sehingga mempunyai urat pra ganglion pendek,sedangkan saraf parasimpatik mempunyai urat pra ganglion yang panjang karena ganglion menempel pada organ yang dibantu.

Fungsi sistem saraf simpatik dan parasimpatik selalu berlawanan (antagonis). Sistem saraf parasimpatik terdiri dari keseluruhan "nervus vagus" bersama cabang-cabangnya ditambah dengan beberapa saraf otak lain dan saraf sumsum sambung.

Pada saraf simpatik dan saraf parasimpatik terdapat penghubung antara sistem saraf pusat dan efektor, yang dinamakan ganglion. Ganglion saraf simpatik berada dekat sumsum tulang belakang. Serabut praganglion saraf simpatik berukuran pendek, sementara serabut pasca ganglionnya berukuran panjang. Sebaliknya, saraf parasimpatik memiliki serabut praganglion yang berukuran panjang dan serabut pascaganglion yang pendek.
Dilihat dari ganglionnya

Simpatik: Ganglion saraf simpatik berada dekat sumsum tulang belakang. Serabut praganglion saraf simpatik berukuran pendek, sementara serabut pascaganglionnya berukuran panjang.
Parasimpatik: Saraf parasimpatik memiliki serabut praganglion yang berukuran panjang dan serabut pascaganglion yang pendek. ganglia neuron parasimpatik terletak di dekat atau di dalam organ target.


Dilihat dari dari cara kerjanya :
  Simpatik merangsang kerja organ.
Parasimpatik menghambat kerja organ

Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik

Peranan utama  komponen  simpatik  dan  parasimpatik sistem saraf otonom  pada divisi motoris dalam mengatur fungsi  tubuh bagian  internal. Pada saraf simpatik dan saraf parasimpatik terdapat penghubung antara sistem saraf pusat dan efektor, yang dinamakan ganglion.
5.      Mekanisme sistem syarat hipotalamus?

      Neuron mempunyai kemampuan untuk menerima dan memberikan jawaban terhadap rangsangan yang diberikan kepadanya. Rangsangan yang diterima oleh thermoreseptor pada syarat hipotalamus  akan dihantarkan ke pusat susunan syarat pusat/sumsum tulang belakang .
                Rangsangan dari dendrite terus ke badan sel syaraf dan selanjutnya oleh akson akan diteruskan ke dendrit neuron yang lain.
Reseptor ------ syaraf sensorik --------- otak --------- syaraf motorik ------ efektor
Bila implus sampai di ujung akson, maka ujung akson tersebut akan melepaskan neurohumor yang bersifat memacu ujung dendrit yang berhubungan dengan akson tersebut. Beberapa neurohumor antara lain:
Asetilkolin,Adrenalin/epinefrin

Thermostat pada syaraf hipotalamus :
Hipotalamus anterior :pada suhu panas,mengatur untuk meproduksi keringat
Hipotalamus posterior : pada suhu dingin,mengatur untuk memproduksi panas

6.      Paru-paru basah?

Dalam dunia kedokteran,paru-paru basah disebut pneumonia yang merupakan penyakit infeksi atau peradangan yang menyerang paru-paru disebabkan yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Bakteri yang umum adalah Streptococcus pneumoniae Staphylococcus aureus, Klebsiella sp, dan pseudomonas sp. Penyakit ini sering timbul setelah adanya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti pilek.

Seseorang yang menderita pneumonia,kantong-kantong udara dalam paru (alveoli) dipenuhi nanah dan cairan sehingga kemampuan menyerap oksigen akan berkurang. Nanah dan cairan yang memenuhi paru-paru bisa mengurangi oksigen di sel-sel tubuh dan tak bisa bekerja lagi. Akibatnya, selain penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, penderita juga bisa meninggal. Pneumonia muncul karena kuman penyakit terhirup hidung dan mulut. Jika lingkungan di sekitar ada orang atau anak yang terinfeksi, maka risiko tertular sangat besar, apalagi jika daya tahan tubuh sedang tidak baik.


Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.
Penyebab cairan tersebut bisa macam-macam, misalnya :
1.Infeksi (TB paru, pneumonia, dll)
2.Tumor paru (baik yang asalnya dari paru-paru maupun proses penjalaran dari tumor di tempat lain)
3.Trauma (misal hantaman benda tumpul di rongga dada, dll)

Penyebab:

Penyakit paru-paru basah ini disebabkan oleh sekitar 30 macam sumber infeksi.Penyebab utamanya adalah bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia, dan partikel. Virus sinsitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenzae, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkan pneumonia.

Penyebab paru-paru basah:

Beberapa jenis virus, diantaranya: Respiratory Syncytial Virus (RSV), Adenovirus, Influenza dan Parainfluenza
Bakteri, pada kasus yang jarang ditemui
Polutan (bahan kimia yang terkandung dalam udara)

Gejala penyakit paru-paru basah antara lain :

- Demam
- Mata berair
- Rasa lelah
- Sesak nafas
- Dada terasa sakit saat batuk
- Sakit kepala ringan
- Sakit-sakit pada badan
- Sakit tenggorokan
- Batuk yang berlendir
- Batuk yang berkepanjangan
- Berkurangnya berat badan
- Nafsu makan berkurang
- Batuk berdahak (pada hari-hari pertama mungkin batuk kering)
- Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan sering basah (keluar keringat)

7.      Penyebab bau keringat?

Tubuh memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terbuka ke permukaan kulit, sementara kelenjar apokrin ditemukan di daerah di mana rambut tumbuh, termasuk kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Keringat dari kelenjar ekrin sebagian besar adalah air dan garam, tetapi kelenjar apokrin mengeluarkan keringat yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat. Bau badan muncul ketika bakteri di permukaan kulit mengurai keringat dari kelenjar apokrin menjadi asam yang mudah menguap dan melepaskan bau tidak sedap. Ada dua jenis asam yang menyebarkan bau badan:

Asam propionat atau asam propanoat yang berbau seperti cuka dan merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia dewasa dan remaja.
Asam isovalerik yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis, yang menyebarkan bau seperti keju.

8.      Kelenjar Ekrin dan Apokrin?

Keringat keluar melalui kelenjar keringat. Ada dua jenis kelenjar keringat pada tubuh, yaitu apokrin dan ekrin. Kelenjar apokrin tidak tersebar banyak di kulit. Fungsi dari kelenjar apokrin tersebut yaitu menghasilkan cairan yang kental dan keruh serta menjadikan keringat berbau tidak sedap. Biasanya kelenjar tersebut terdapat pada ketiak, kemaluan, sekitar anus, pusar, dan bagian luar telinga. Sedangkan kelenjar ekrin yaitu memproduksi cairan jernih dan encer yang merupakan unsur paling dominan dari air keringat.

Jumlah sekresi kelenjar ekrin memang jauh lebih banyak daripada sekresi apokrin. Kedua jenis kelenjar keringat tersebut paling aktif dan paling banyak terdapat pada kulit ketiak dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya. Proses kerja dari kedua jenis kelenjar ini muncul ke permukaan kulit sebagai keringat. Keluarnya keringat yang dikontrol oleh saraf otonom parasimpatis merupakan reaksi dari kebutuhan untuk menyejukkan diri. Misalnya, ketika suhu tubuh naik akibat aktivitas fisik atau cuaca panas, tubuh mengeluarkan keringat untuk mencegah agar badan tidak mengalami pemanasan yang tidak normal.
Bau badan akan semakin tajam/menyengat pada orang yang memiliki kondisi psikis yang labil, serta mereka yang mudah marah atau temperamental, dan yang produksi hormon androgennya lebih aktif.

9.     MEKANISME KERJA SARAF KERINGAT
Proses pengeluaran keringat dipengaruhi oleh hipotalamus.
Hipotalamus merupakan sistem saraf pusat pengatur suhu badan yang menghasilkan enzim bradikinin.
Enzim bradikinin mempengaruhi kerja kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat.
Selain dipengaruhi hipotalamus, kerja kelenjar keringat juga dipengaruhi oleh perubahan suhu lingkungan dan pembuluh darah. Suhu pembuluh darah yang tinggi (karena suhu lingkungan tinggi) akan memberikan rangsangan terhadap hipotalamus. Oleh rangsangan tersebut, hipotalamus segera mempengaruhi kelenjar keringat untuk menyerap air, garam, urea, dan berbagai zat sisa metabolisme dari pembuluh kapiler darah.
Berbagai zat ini dikeluarkan melalui saluran keringat dan pori-pori kelenjar keringat ke permukaan kulit dalam bentuk keringat. Keringat segera menguap dan suhu tubuh turun sehingga normal kembali.
Apabila keringat yang keluar terlalu berlebihan, kadar garam yang berada dalam darah bisa berkurang. Akibatnya, otot bisa mengalami kekejangan atau mungkin bisa pula pingsan. Selain itu karena pembuluh darah pada lapisan dermis mengembang, kulit wajah bisa menjadi merah. Keadaan ini dapat terjadi saat kita melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun, sebaliknya kulit kita dapat memucat bila pembuluh darah pada dermis menyempit, misalnya saja saat kita ketakutan.
10.  TANDA – TANDA PERADANGAN
§  Rubor :  Kemerahan yang menyertai peradangan. Rubor terjadi akibat peningkatan aliran darah ke daerah yang meradang.
§  Kalor : Panas yang menyertai peradangan. Panas timbul akibat peningkatan aliran darah, darah merupakan zat pembawa panas tubuh.
§  Dolor : Nyeri peradangan. Nyeri terjadi akibat peregangan saraf karena pembengkakan dan rangsangan ujung-ujung saraf oleh mediator-mediator peradangan
§  Turgor/Tumor : Pembengkakan daerah yang meradang. Turgor/tumor ini terjadi akibat peningkatan permeabilitas kapiler sehingga protein-protein plasma dan eksudat masuk ke ruang interstisium.
§  Fungsiolesa : Penurunan fungsi daerah peradangan. Kerusakan jaringan dan peningkatan rasa nyeri menyebabkan daerah peradangan diistirahatkan dengan menurunkan fungsi gerak dll.

RADANG KULIT
Radang kulit merupakan reaksi alergi berupa ruam dan juga gatal pada kulit. Namun jangan takut karena penyakit ini tidak menular, tetapi biasanya diturunkan melalui keluarga. Sifat dari penyakit ini berulang sehingga lebih sulit untuk disembuhkan secara total. Gejala yang ditimbulkan jika radang kulit ini hadir di kulit adalah akan timbul rasa yang sangat gatal yang dilanjutkan dengan timbulnya lepuhan di kulit yang berwarna merah. Lepuhah ini dapat pecah dan akan mengeluarkan cairan. Bila cairan ini dibiarkan akan mengering dan akan menimbulkan kerak pada kulit.

11.                        PENYEBAB MAHASISWA TETAP BERKERINGAT
Hiperhidrosis adalah istilah yang digunakan para dokter untuk menyebut keringat berlebih.
Hiperhidrosis adalah ketika seseorang mengeluarkan keringat lebih banyak dari yang seharusnya ia produksi dan hal ini tidak disebabkan oleh penyakit medis, kegiatan yang berlebihan atau akibat dari konsumsi obat kimia yang menyebabkan kelenjar keringat bermasalah.
Biasanya keringat berlebih ini terjadi pada ketiak, namun seringkali telapak tangan dan telapak kaki juga mengalami keringat berlebih bahkan sampai menetes.
Situasi stres seperti ujian, wawancara pekerjaan, atau peristiwa penting lainnya justru akan memperburuk keadaan ini. Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 jenis yaitu:
·         Hiperhidrosis fokal primer
Seseorang mengeluarkan keringat berlebih hanya di area tubuh tertentu misalnya kepala, ketiak, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki.
·         Hiperhidrosis idiopatik generalisasi
Seseorang memiliki kecenderungan mengeluarkan keringat berlebih di seluruh tubuhnya.
·         Hiperhidrosis sekunder generalisasi 
Seseorang mengeluarkan keringat berlebih akibat reaksi obat kimia seperti obat anti-hipertensi dan anti-depresi atau penyakit tertentu seperti penyakit jantung, mudah emosi, berdebar-debar, menopause, diabetes melitus dan stroke. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan bisa ke seluruh tubuh. Kondisi keringat berlebih ini bisa muncul kapan saja dan bahkan dapat muncul ketika tertidur lelap.

Cara Menanggulangi Hiperhidrosis
·         Antiperspirant selalu diutamakan untuk menanggulangi keringat berlebih bagi beberapa orang di seputar dunia dan terbukti sangat efektif. Bahan yang sangat efektif adalah Alluminium Chlorida (20-25%) biasanya dipakai pada malam hari 2-3 kali/hari dalam kadar alkohol 70-90%.
·         Menurut pengalaman, pengobatan ini sudah cukup mengurangi keringat berlebih bagi yang frekuensi keringatnya hanya sekitar 50-70% dengan kadar lebih banyak atau perlu diulang secara teratur.
·         Maka jangan pernah menganggap keringat berlebih menandakan bahwa Anda telah mengidap penyakit jantung, usahakan mencari informasi untuk hasil yang lebih memuaskan bagi Anda dan keluarga yang Anda sayangi.

Hiperhidrosis menyebabkan orang berkeringat ketika tidak ada alasan untuk hal tersebut.

Biasanya, kelenjar keringat menghasilkan keringat yang sudah dibawa ke permukaan kulit ketika suhu udara meningkat, tubuh mengalami demam, sedang berolahraga, dan sedang merasa cemas, gelisah, atau stres. Ketika faktor-faktor tersebut tidak lagi menjadi masalah, maka tubuh menghentikan proses pengeluaran keringat.

Sekitar 2-3 persen dari populasi yang memiliki hiperhidrosis, kelenjar keringat tetap aktif. Orang dengan hiperhidrosis tetap berkeringat ketika tidak ada penyebab untuk berkeringat, bahkan ketika berada di dalam ruangan berAC. Beberapa orang dengan hiperhidrosis bahkan tetap berkeringat ketika sedang berada di dalam kolam renang.

Ada dua jenis hiperhidrosis seperti dikutip dari WebMD, Rabu (15/2/2012) yaitu:

1. Hiperhidrosis primer, yaitu menyebabkan keringat berlebihan di tangan, ketiak, wajah, dan kaki tanpa alasan yang jelas.
2. Hiperhidrosis sekunder, yaitu menyebabkan keringat berlebihan di seluruh tubuh atau di daerah yang lebih besar dari tubuh dan disebabkan oleh kondisi medis atau obat.

Berikut penyebab hiperhidrosis primer:

Orang dengan hiperhidrosis primer umumnya berkeringat dari jenis tertentu kelenjar keringat yang disebut kelenjar keringat ekrin. Kelenjar keringat ekrin merupakan mayoritas dari 2-4 juta kelenjar keringat dalam tubuh. Kelenjar keringat ekrin sangat banyak pada kaki, telapak tangan, wajah, dan ketiak.

Ketika tubuh terlalu panas, ketika sedang bergerak, ketika merasa emosional, atau sebagai akibat dari hormon, maka saraf akan mengaktifkan kelenjar keringat.

Ketika saraf bereaksi berlebihan, maka akan menyebabkan hiperhidrosis. Para ahli tidak mengetahui penyebab mengapa orang memiliki hiperhidrosis primer, meskipun mungkin hal tersebut dapat karena keturunan.

Orang dengan hiperhidrosis primer mungkin dapat mengatasi kondisi tersebut dengan perawatan non bedah, antara lain:

1. Antiperspirant yang mengandung aluminium yang dijual bebas atau yang diresepkan.
2. Obat yang disebut antikolinergik yang mempengaruhi saraf yang mengaktifkan kelenjar keringat.
3. Pengobatan dengan arus listrik intensitas rendah yang disebut iontophoresis.
4. Suntikan Botox pada ketiak.

Pembedahan biasanya hanya dianggap sebagai pilihan terakhir bagi penderita keringat berlebihan parah di tangan dan ketiak. Operasi mungkin melibatkan menghilangkan kelenjar keringat dari daerah tersebut. Selama prosedur lain, yang disebut simpatektomi dada, dokter bedah memotong dan menghancurkan saraf yang bertanggung jawab untuk terbentuknya berkeringat.

Berikut penyebab hiperhidrosis sekunder:

Berkeringat dari hiperhidrosis sekunder berbeda dari hiperhidrosis primer. Karena hiperhidrosis sekunder cenderung terjadi di seluruh atau di salah satu area umum bukan di tangan, ketiak, wajah, atau kaki

Mungkin menyebabkan berkeringat saat tidur. Hiperhidrosis sekunder biasa disebabkan oleh kondisi medis dan obat.

Beberapa kondisi medis memiliki potensi untuk menyebabkan hiperhidrosis, antara lain:

1. Kehamilan
2. Diabetes
3. Hipertiroid
4. Haid
5. Kegemukan
6. Penyakit Parkinson
7. Rheumatoid arthritis
8. Limfoma
9. Encok
10. Infeksi

Mengungkap kondisi yang mendasari dan mendapatkan perawatan yang tepat akan membantu mengurangi keringat dari hiperhidrosis sekunder. Oleh karena hal tersebut pasien hiperhidrosis perlu untuk memberitahu dokter kapan mengalami masalah dengan berkeringat.

REFERENSI :


Www.nandanurse.blogspot.com
Www.eckobms.blogspot.com
Artikelkesehatan.com
Www.gosehat.com
Majalah 
kesehatan.com

25 komentar:

  1. Thanks for your post. We feel very pleased about that. You should also try their best games with our free today to get the sense of fun that brings. Thank you!
    Obat Darah Tinggi | Pengobatan Darah Tinggi | Pengobatan Hernia | Pengobatan Hidrokel | cara Mengobati Darah Tinggi
    Verry Nice Anythink. And Verry Well Thanks

    BalasHapus
  2. Best Article, Good Author
    Cara Mengobati Campak Anak
    Thanks For Information

    BalasHapus
  3. Best post in this site and search by google
    Cara Mengobati Difteri Sembuh Total and best Cara Mengobati Difteri Secara Ampuh
    The Good Author and Verry good Article

    BalasHapus
  4. Best and the right post good in this site and search by google
    Pendapat Ulama Pro Maulid Nabi Nice And Obat Kejang-kejang Manjur Pada Anak Wow Cara Mengobati Kejang-kejang Atau Ayan Good Pendapat Ulama Maulida itu Bid'ah
    The best article from the best author

    BalasHapus
  5. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Cara Menngobati Panas Pada Anak Sesuai Saran Dokter
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  6. Luar biasa artikelnya, Luar biasa sangat. Jangan lupa kunjungi pula : Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Sangat Obat Hernia Resep Dokter

    BalasHapus
  7. Nice, Sangat bermanfaat dan sangat luar biasa. Terima Kasih atas informasi dan jangan lupa kunjungi pula Cara Mengatasi Buah Zakar Sebelah

    BalasHapus
  8. Informasinya sangat bagus dan sangat bermanfaat, pembawaannya apik dan luar biasa. terima Kasih dari kami agen
    Obat Kencing Darah Tradisional Tanpa Operasi

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. daythammynet
    Class College Education training Beauty teaching university academy lesson  teacher master student  spa manager  skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    BalasHapus