Kamis, 06 November 2014

Skenario 4 part 1 blok 8

Unfamiliar Term
1.       Gestasi : periode waktu bayi berada di dalam rahim; lama penuh periode gestasi adalah antara 38 dan 42 minggu (dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir/ HPMT)
2.       G3P2A0 : kehamilan ketiga, Partus 3x, Abortus tidak pernah
3.       Serviks Inkompeten : satu kondisi dimana mulut rahim (serviks) mengalami pembukaan dan penipisan sebelum waktunya, sehingga tidak bisa menahan janin, dan mengakibatkan terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Kasus ini biasa terjadi tanpa disertai rasa nyeri, dan umumnya terjadi pada trimester 2 dan 3 kehamilan.
Problem Definition
1.       Apa faktor resiko dari serviks inkompeten?
Ketika seorang wanita hamil mengalami kasus ini, ada kemungkinan kasus ini dapat berulang di kehamilan berikutnya. Itu sebabnya perlu untuk dilakukan diagnosa secara pasti oleh dokter kandungan. Biasanya dokter akan memasang cerclage (setelah usia kehamilan 14 minggu), untuk menahan mulut rahim tidak membuka dan melebar (dilatasi). Kadang juga ditambah dengan dijahit di sekitar daerah mulut rahim. Jahitan akan dibuka sekitar usia kehamilan 37 minggu untuk persiapan persalinan.
Beberapa faktor risiko yang dipercaya merupakan penyebab terjadinya kondisi inkompetensi serviks tersebut, diantaranya:Riwayat inkompetensi serviks sebelumnya antara lain trauma atau riwayat prosedur melalui mulut rahim, Konisasi atau biopsi mulut rahim, dan kelainan anatomis mulut rahim.
Selain faktor-faktor diatas, infeksi juga dicurigai bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya inkompetensi serviks. Sedangkan metode atau prosedur dilakukannya kuret seharusnya tidak menimbulkan kemungkinan inkompetensi serviks.

2.        Bagaimana perkembangan keadaan bayi pada usia 30 minggu kehamilan?
Perkembangan Bayi usia 30 minggu
Gigi permanen bayi Anda telah berkembang dan menunggu di gusinya. Bayi Anda sangat sadar lingkungan dan kelopak matanya akan terbuka dan menutup. Dia bahkan akan melihat sekeliling dan berbelok ke arah cahaya. Kita cenderung berpikir rahim sebagai tempat gelap, tapi rahim sebenarnya dapat menjadi terang dan gelap tergantung pada lingkungan Anda. Berat bayi Anda hampir 1,3 kg (2,91 pound) dan panjangnya sekitar 39 cm (15 inci) sekarang.
Lanugo yang menutupi tubuh bayi Anda akan hampir menghilang pada akhir minggu ini, dan bayi Anda mungkin akan memiliki rambut lengkap – atau setidaknya cukup lengkap. Kuku kaki si bayi juga akan sepenuhnya hadir. Sumsum tulang belakang sekarang berperan untuk produksi sel darah merah. Otak akan mulai mengembangkan convolutions. Transmisi sel saraf akan mulai dipercepat dengan bantuan mielin, juga dikenal sebagai myelinization. Myelin adalah zat lemak yang melapisi bagian luar sel-sel saraf dan membantu untuk meningkatkan efisiensi pesan saraf yang dikirim ke dan dari otak si bayi.
Anda mungkin dapat membedakan siklus tidur dan bangun pada bayi Anda. Walaupun biasanya seolah-olah bayi ingin tidur saat Anda terjaga, dan sebaliknya, ini bukan indikasi saat tidur bayi yang baru lahir. Bayi Anda tidak hanya dapat mendengar suara Anda, tapi bisa mengenalinya. Selain itu, ia memiliki pegangan begitu kuat sehingga mampu mencengkeram jari Anda. Pada titik ini, bayi Anda mungkin berlatih menyusui saat ia mengisap ibu jarinya.
Jika bayi Anda lahir sekarang, dia memiliki paru-paru yang mampu menghirup udara, walaupun bantuan medis mungkin diperlukan. Sekitar 9 dari 10 bayi yang lahir sekarang akan bertahan

3.        Apa fungsi Betametason pada ibu hamil?
Betametason berfungsi memcu paru bayi membentuk zat yang disebut surfaktan yang berfungsi mengembangkan alveoli bayi. Pada BKB, jaringan paru memproduksi sedikit surfaktan dengan pemberian obat ini akan menigkatkan kemampuan untuk bernafas. Bila BKB dengan masa gestasi antara 24 dan 34 minggu diharapkan dalam waktu 7 hari bayi akan lahir, maka betametason diberikan kepada ibu agar dapat berpengaruh terhadap kematangan paru bayi. Betametason diberikan dua kali suntikan yang berbeda dalam 24 jam. Bila persalinan tidak terjadi dalam 7 hari, maka suntikan dapat diulang.

4.       Bagaimana pengaruh lahir prematur pada perkembangan dan pertumbuhan anak?
Kelahiran prematur dapat mempengaruhi anak dalam hal kemampuan intelektual, daya berfikir, memori, kemampuan verbal, kemampuan untuk belajar, dan lainnya. Kabar buruknya, beberapa bayi prematur dipengaruhi oleh komplikasi yang berhubungan dengan kelahiran prematur mereka.
Kabar buruknya, bagi beberapa bayi yang lahir prematur, kelainan ini tidak terlalu parah dan dapat diminimalkan agar tidak menjadi kendala utama untuk menjalani kehidupan yang normal, dengan perhatian dan penanganan yang tepat.
Cedera otak seperti pendarahan yang terjadi di dalam ventrikel otak dan kerusakan pada hiposeismik merupakan dua hal yang sering dikaitkan dengan gangguan pada kemampuan intelektual dan perilaku. Penyakit paru-paru kronis, dimana bayi membutuhkan asupan oksigen di uar 36 minggu kehamilan juga sering dikaitkan dengan resiko tinggi masalah intelektual dan perilaku.
Secara umum, semakin parah tingkat cedera otak dan penyakit paru-paru kronis, semakin besar kemungkinan anak mengalami gangguan pada inteletualnya. Jika sistem sensorik seperti pendengaran dan penglihatan juga terpegaruh, ini akan berakibat semakin buruk


Gawat darurat Neonatus pada pesalinan preterm dapat dilihat lebih lanjut di http://saripediatri.idai.or.id/pdfile/7-4-9.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar